Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pakar Bimbingan Konseling Siswa SMA

Rizal Rachman

Sari


Bimbingan konseling adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada siswa secara terus-menerus supaya siswa dapat memahami, menerima dan mengaktualisasikan diri dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Bimbingan konseling sangat diperlukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas terutama dalam membantu siswa untuk menghadapi permasalahan yang dialami. Kurangnya guru bimbingan konseling yang bertugas di SMA menyebabkan banyaknya kasus permasalahan siswa yang tidak dapat diatasi dengan baik, selain itu mahalnya biaya untuk melakukan konseling pada psikolog serta adanya rasa takut, rasa malu dan rasa tidak percaya yang dirasakan oleh para siswa untuk melakukan konsultasi secara langsung membuat kegiatan bimbingan konseling sulit untuk dilakukan. Dari masalah tersebut maka dilakukanlah penelitian penerapan metode simple additive weighting pada sistem pakar bimbingan konseling siswa SMA. Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah sistem pakar bimbingan konseling untuk siswa SMA berbasis web dengan menggunakan metode simple additive weighting yang menghitung bobot yang diberikan oleh pakar (guru BK) dan nilai yang dilakukan oleh pengguna sistem (siswa) berupa penilaian penyebab yang dialaminya. Informasi yang dihasilkan berupa persentase permasalahan yang dialami dan penyebab terbesar dari permasalahan tersebut serta solusi dari penyebab tersebut.

Kata Kunci


Sistem Pakar, Simple Additive Weighting, Bimbingan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adianto, T. R., Arifin, Z., & Khairina, D. M. (2017, March). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal Di Perumahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)(Studi Kasus: Kota Samarinda). In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 2, No. 1, pp. 197-201).

Hayadi, B. H., Kom, S., & Kom, M. (2016). Sistem Pakar Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan, dan Karakter Siswa dengan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Deepublish.

Hendra, S., & Kusumadewi, S. (2015). Perancangan Aplikasi Konseling Mahasiswa Menggunakan Metode Case Based Reasoning. Prosiding SNATIF Ke-2.

Kusumadewi, S., & et al. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pahlevi, A. (2010). Membuat Aplikasi Rental Movie dengan Visual Basic 6.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Prayitno, & Amti, E. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosnelli, R. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: ANDI.

Supriati, R., Salim, N., & Sofhan, R. (2015). Penerapan Aplikasi MSBe Sebagai Media Alat Bantu Guru Bimbingan Konseling Pada SMK Fadilah. CERITA Volume 1.

Syah, M., & Gunawan, A. (2016). Sistem Pakar Bimbingan Dan Konseling Siswa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Pada SMAN 1 Cikembar. SNIPTEK.

UU No 20. (2003). Undang Undang Pendidikan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v19i1.397

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)